Saturday, November 3, 2018

10 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Sedang Hits

Semua orang pasti suka makan, apalagi makanannya bukan makanan biasa. Maksud dari bukan makanan biasa adalah makanan yang unik, entah dalam penyajian, proses makannya atau bahkan rasanya yang unik.

Dari banyaknya tempat, Bandung adalah salah satu kota yang memiliki makanan unik. Anda bisa menemukan makanan ini secara mudah ketika berkunjung ke Kota Kembang. Nah, berikut beberapa ulasan makanan khas Bandung yang lagi hits banget sekarang ini, semoga nggak pada ngiler yaa.

Surabi

Semua udah pada tau pasti surabi itu bentuknya seperti apa. Surabi merupakan makanan khas Bandung yang di buat dari tepung, hingga Surabi ini sangat mirip dengan pancake. Akan tetapi perbedaan antara Surabi dengan pancake adalah Surabi di buat dengan di bakar di atas tungku dan biasanya ukuran surabi sangat tebal.
Peralatan yang di gunakan untuk membuat Surabi ini ialah tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat.  Rasa yang tercipta pun akan berbeda jika dimasak di tungku. Saat ini banyak sekali varian topping yang bisa Anda pilih untuk Surabi seperti misalkan saja keju, pisang, coklat, durian, pizza, spagetti dan lainnya. Surabi dapat ditemukan di Waroeng Setiabudi atau bisa juga di depan Ciwalk Bandung.

Bandros

bandros
Makanan khas Bandung selanjutnya ialah Bandros. Bandros adalah sebuah makanan yang di masak dengan menggunakan cetakan cekung khas yang kemudian di beri kelapa parut, sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa yang sangat lezat.
Rasa yang miliki oleh bandros ini adalah gurih, akan semakin enak bila dimakan ketika masih hangat. Bandros dapat dijumpai dengan mudah di pinggir jalan kota Bandung atau juga di pasar-pasar tradisional.

Seblak

seblak makanan khas bandung
Mungkin makanan seblak sudah tidak asing di kalangan beberapa orang. Namun ternyata, seblak ini ternyata asli Bandung lho. Seblak sendiri sebenarnya adalah kerupuk yang direbus terlebih dahulu dan ditambahkan beberapa bumbu seperti kencur, cabe, bawang putih dan sedikit penyedap rasa.
Seblak sebenarnya biasa disajikan dengan rasa yang pedas, kalau tidak pedas berarti bukan seblak namanya. Khas nya dari seblak ini adalah bumbu kencur yg cukup terasa dan juga cabe yang membakar lidah.
Dulu, seblak hanya terdiri dari kerupuk rebus dan telor, namun sekarang seblak disajikan dengan beberapa toping seperti ceker ayam, siomay, sosis atau makaroni. Seblak biasanya dapat ditemui di sekitar sekolah atau pasar karena biasanya yang membeli seblak ini adalah siswa-siswa atau ibu ibu.

Tutut

tutut
Makanan Tutut juga merupakan makanan khas Bandung. Pada umumnya, tutut dimasak dengan bumbu yang pedas dan ditambahkan daun salam serta sereh agar bau amis dalam tutut itu sendiri agar hilang. Tutut sendiri memiliki rasa gurih yang sangat menggugah selera. Cara memakannya cukup unik, yaitu kita perlu menghisap ujung Tutut agar isinya keluar.

Misro

Misro memiliki kemiripan dengan combro. Jika Combro memiliki rasa pedas, maka Misro memiliki rasa manis. Misro sendiri merupakan singkatan dari amis di jero yang artinya manis di dalam. Bahan utama misro ialah singkong yang diparut. Cara pembuatannya hampir sama seperti combro.
Cemilan khas Bandung ini sangat mudah untuk dicari. Misro dapat Anda temukan hampir di sepanjang jalanan kota Bandung, terutama di sekitar pasar-pasar atau pusat perbelanjaan di kota Bandung. Bahkan di sebagian tempat nongkrong di Bandung, makanan ini pun biasanya tersedia.

Es Lilin

Mungkin namanya sudah sering didengar oleh banyak orang karena ada lagunya. Es lilin adalah salah satu makanan khas Bandung. Makanan ini merupakan sebuah kombinasi antara gula, susu dan santan. Disebut es lilin karena es ini dibungkus dengan kantong plastik kecil dan panjang. Ketika es sudah jadi maka bentuknya mirip sekali dengan lilin.

Bakso Goreng dan Tahu Bulat

tahu bulat
Makanan bakso biasanya dihidangkan menggunakan kuah, mie dan beberapa sayur-sayuran. Namun kini ada makanan yang bernama bakso goreng alias basreng. Basreng ini juga termasuk makanan khas Bandung.
Basreng biasanya disajikan dengan beberapa bumbu bubuk antara lain keju, pedas, balado dan lain lain. Basreng sendiri disajikan tidak dengan bentuk bulat namun sudah dipotong menjadi persegi panjang. Basreng mudah sekali ditemukan di pinggir jalan, sekolah dan pasar.
Sama halnya dengan basreng, tahu bulat pun memiliki kemiripan bumbu dengan basreng. Tahu bulat kini sangat populer dan semakin populer karena sudah beredar permainan ‘tahu bulat’.  Tahu bulat juga mudah ditemukan di sekitar sekolah dan juga disekitar pasar.

Ice Cream Mangkok Manis

Mangkok Manis
Di atas sudah ada es lilin, nah sekarang ada juga namanya Mangkok Manis. Mangkok manis ini sebenarnya tempat makan d idekat Cihampelas Walk. Mangkok manis menjual makanan desert berupa ice cream.
Beda dengan ice cream yang lain, Ice cream di mangkok manis memiliki banyak sekali toping, antara lain chocochips, pudding, astor, susu dan lainnya. Yang berbeda ialah, tempat yang dipakai untuk menyajikan ice cream ini berupa batok kelapa. Makanan khas Bandung ini juga patut dicoba karena rasa yang disajikan beda dari yang lain.

Mochi Ice cream

Mochi Ice cream
Sudah ada Ice cream mangkok manis, es lilin dan sekarang adalah mochi ice cream. Mochi ice cream ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat. Biasanya, Mochi memiliki isi ketan atau kacang merah. Namun sekarang mochi sudah memiliki perubahan isi yaitu ice cream.
Mochi ice cream ini memiliki bentuk yang lebih besar dari Mochi pada umumnya. Ice cream yang berada didalam mochi tersebut pun memiliki rasa beraneka ragam antara lain coklat, strawberry, green tea dan lainnya. Mochi ice cream bisa dinikmati di beberapa tempat seperti beberapa Yogya Express dan juga di Sekeloa Bandung.

Colenak

Colenak
Makanan selanjutnya ialah colenak. Colenak memiliki kepanjangan dicocol enak. Colenak termasuk makanan khas Bandung yang legendaris karena Colenak ini sudah ada sejak tahun 1930an yang lalu.
Colenak merupakan sebuah makanan hasil pengembangan dari peuyeum yang pada saat memasaknya di bakar dengan menggunakan arang, setelah itu di beri gula merah cair yang tentu sangat kental dan di bubuhkan parutan kelapa. Makanan ini biasanya berada di daerah lembang dan daerah atas. Colenak biasanya ada pada jam-jam tertentu, berkisar antara sore jam 6 hingga tengah malam.
Nah, itulah berbagai makanan yang mudah ditemukan di Bandung dan bisa juga digolongkan sebagai makanan khas Bandung. Jika ada kesalahan tempat dan penyebutan nama mohon dikoreksi. Kalau ada tambahan lain juga, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : https://bacaterus.com/makanan-khas-bandung/



0 comments:

Post a Comment

 

Foodiary Template by Ipietoon Cute Blog Design